Apa itu HIV dan AIDS ?

Betul sekali gan..! Kalau nggak mau kena AIDS, ya harus tahu apa itu HIV-AIDS, barulah tahu gimana mencegahnya.


dari sinilah gan timbul sebuah pertanyaan, lanjut ga ni gan?
lanjutlah, walaupun sebenernye enakan tidur ni hujan - hujan kaya gini mah, bukannye ngeposting/baca sebuah artikel. :D

kembali ke topik, Bagaimna bisa mencegahnya kalau kita nggak tahu?
dari pertanyaan diatas, timbul sebuah pertanyaan lagi gan.

Kenapa kita harus mencegahnya?
Pastinya, karena sampai sekarang AIDS masih nggak ada obatnya, alias sekali kena HIV, ya sampai selamanya HIV ada di dalam tubuh, hingga akhirnya mati dalam keadaan AIDS. Yang kedua, karena penyebaran AIDS sekarang mulai melonjak dikalangan anak muda.

Ternyata hanya sebagian kecil kaum muda Indonesia yang punya pemahaman yang benar tentang HIV-AIDS. Oleh karena itu, saya, gue, aku, ane, sangat mengharapkan agan - agan membaca dan mengerti isi artikel ini dan selanjutnya dari awal sampai akhir agar terhindar dari penularan HIV-AIDS dan juga ikut mencegah penyebarannya dikalangan anak muda.


Apa itu HIV . .?

Mari gan kita jabarkan kata per kata :


  • H    Human - Virus ini cuma menyebar pada manusia, dan bekerja pada tubuh manusia
  •  I     Immunodeficiency - Immune = sistem kekebalan, deficiency = penurunan.  HIV menyerang sistem kekebalan tubuh dengan menghancurkan sel yang melawan penyakit.Tubuh yang sistem kekebalannya melemahtidak dapat melindungi diri dari penyakit.
  • V    Virus - Virus bereproduksi dengan cara mengambil alih sel tubuh yang diinfeksinya.



Sebenernya HIV ga beda dengan virus - virus lainnya, seperti virus influenza yang menyebabkan flu atau virus campak, virus polio, dll. Tapi setelah selang beberapa waktu, sistem kekebalan yang ada didalam tubuh akan mampu mengusir semua virus yang menggangu tubuh. Lain halnya dengan HIV - sistem kekebalan manusia tidak bisa membebaskan diri dari HIV.
kenapa tubuh kita tidak mampu mengusir HIV?

itu disebabkan karena yang diserang HIV justru adalah sel kekebalan tubuh manusia.

Hebat yah sih HIV wkwkwkwk :D

"HIV bukan penyebab kematian pada pengidap HIV. Virus ini menghancurkan kekebalan tubuh manusia sehingga rentan terhadap infeksi bakteri & virus penyakit tidak dapat dilawan oleh tubuh tanpa sistem kekebalan yang normaldan mengakibatkan kematian"

Makin lama HIV berada didalam tubuh, makin banyak tubuh kehilangan daya tahannya, sampai tubuh menjadi sangat lemah, dan mudah diserang segala penyakit. Kondisi kritis ini disebut AIDS.



Apa itu HIV . .?

Mari gan kita jabarkan kata per kata :


  • A    Acquired - Dalam bahasa inggris artinya 'diperoleh'. AIDS bukanlah penyakit yang diwariskan, seperti layaknya penyakit yang terbawa secara genetis seperti penyakit jantung, thalassemia, dll. AIDS penyakit yang diperoleh karena tertular/terinfeksi.
  • I       Immuno -  Sistem kekebalan tubuh manusia untuk semua organ & sel yang bekerja melawan infeksi dan penyakit.
  • D    Deficiency -  Seseorang pengidap HIV mencapai kondisi AIDS saat sistem kekebalan tubuhnya berkurang/defisiensi jauh dari semestinya.
  • S     Syndrome -  Sindrom adalah kumpulan gejala dari sebuah penyakit.

jika digabungkan menjadi :
AIDS =  Acquired Immuno Deficiency Syndrome adalah kondisi kritis dari seseorang yang terinfeksi HIV. Dalam kondisi ini, sistem kekebalan tubuh manusia rusak parah yang membuat penderita beresiko sangat rentan terhadap semua jenis infeksi dan beberapa jenis kanker.


Infeksi yang paling sering ditemukan pada pengidap HIV dan penderita AIDS :



  1. Tuberculosis, (TB) yang merusak paru - paru
  2. Salmonellosis, yang menyebabkan diare yang parah, rasa sakit yang sangat pada bagian perut, sering dengan muntah - muntah.
  3. Cyptomegalovirus, (CMV) sejenis virus herpes yang merusak mata, saluran pencernaan, paru - paru dan organ lainnya.
  4. Candidiasis, sejenis jamur yang khas ditemukan pada pengidap HIV yang mengakibatkan bercak pada kulit yang terasa membakar, jika terdapat di mulut akan sangat menyakitkan dan sulit untuk makan.
  5. Crytococcal meningitis, rasa terbakar pada selaput dan cairan sekeliling otak dan spinal cord.
  6. Toxoplasmosis, parasit yang menyakitkan ditularkan khususnya oleh kucing lewat kotorannya.
  7. Cryptosporidiosis, yang berasal dari usus binatang ini tumbuh pada usus penderita AIDS mengakibatkan diare yang parah dan kronis.
  8. Kappossi's sarcoma, tumor pada dinding saluran darah mengakibatkan kerusakan organ dalam termasuk paru - paru.
  9. Lymphomas, yakni kanker yang dimulai dari sel darah putih atau kelenjar sehingga menyebar berupa benjolan - benjolan disekujur tubuh.
Jadi, HIV adalah virus yang masuk kedalam tubuh yang menghancurkan sistem kekebalan dan kalau terus menerus akan menyebabkan kondisi AIDS, yakni hilangnya sistem pertahanan tubuh sehingga semua jenis pernyakit bisa dengan mudah masuk dan akhirnya mengakibatkan KEMATIAN.

nah sekarang udeh tahu kan sama sih HIV and AIDS, semoga artikel ini bermanfaat bagi agan - agan semua :)

>>Artikel selanjutnya  Bagaimana cara penularan HIV ?
Previous
Next Post »
Thanks for your comment