Gothic Metal, Gothic Doom Metal dan Gothic Operatic Power Metal

Gothic metal adalah sejenis musik metal yang biasanya (namun tidak selalu) memakai dua orang vokalis. Pertama vokal wanita dengan suara soprano, bagi yang belum tahu apa itu Soprano/Sopran bisa check disini : Pengertian Suara Soprano/Sopran , lalu vokal kedua adalah vokal pria dengan gaya vokal dari musik black atau death metal (sehingga gaya vokal seperti itu banyak disebut sebagai vokal 'Beauty and the Beast'). Lirik-liriknya kebanyakan bernuansa pagan, kemuraman, kegelapan. Aliran musik ini paling populer di Eropa, meskipun jumlah penggemar mainstream (kalangan umum) tidak banyak.

Band yang terkenal dalam jenis musik ini adalah : 



  • Nightwish, 
  • Within Temptation, 
  • Epica, 
  • Theater of Tragedy, 
  • Lacuna Coil, 
  • Trail of Tear. 
Untuk band indonesia yang mengusung jenis musik ini antara lain:  
  • Total Tragedy, 
  • Innerbeauty, 
  • Moses Bandwidth, 
  • Geboren, dan masih banyak lagi.

Gothic Metal, Gothic Doom Metal dan Gothic Operatic Power Metal

           Gothic Metal ialah musik metal yang berasaskan riff guitar seperti musik Thrash / Heavy Metal yang agak bermelodi redup serta dicampur dan disadur dengan unsur-unsur keyboard dan synth, serta lirik metafora/puisi yang menjurus kearah kegelapan, kemuraman dan pagan seperti band My Dying Bride Paradise Lost Anathema ini band doom yang berpengaruh pada gothic ! dan kemudian dikembangkan oleh band seperti Evereve dan Crematory.

             Dari akar musik Gothic Metal inilah muncul pula aliran Gothic Doom Metal dan Gothic Operatic Power Metal. Pembawa musik aliran Gothic/Doom yang terkenal ialah Theatre of Tragedy, mereka ialah band Gothic Doom Metal yang pertama yang memperkenalkan konsep “Beauty and the Beast act” yaitu konsep lagu yang menggabungkan suara growl seakan-akan Death Metal yang digandengkan dengan suara Mezzo-Soprano penyanyi wanita, bunyi guitarnya keras dan berat(Doom). Nightwish adalah contoh terbaik band Gothic Operatic Power Metal yang menggabungkan musik Power Metal yang dicampur dengan keyboard/synth serta lirik yang berlatar Gothic serta lengkingan soprano yang menonjol dari penyanyi wanitanya.

                  Sekarang banyak kekeliruan yang timbul antara Operatic dan Gothic. Operatic Metal ialah seperti yang dibawakan oleh Therion dan Nightwish, yang menggabungkan unsur-unsur Simfoni Orkestra dan vocal Soprano. Vocal wanita dalam aliran Gothic lebih kepada Mezzo-soprano (ton nada suara yang rendah, seakan-akan suara nyanyian biasa).
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Anonymous
October 21, 2014 at 11:09 AM ×

Hello, just wanted to say, I loved this article.
It was funny. Keep on posting!

Here is my web-site; Arthur Falcone

Balas
avatar
admin
October 21, 2014 at 6:23 PM ×

Thanks, come back to see my other article.
I will soon be gliding there

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment