Kandungan Arsenak Dalam Air Minum Merusak Fungsi Paru

Hasil Rontgen Paru Paru
NEWYORK - Sudah diketahui sebelumnya jika arsenik merupakan unsur kimia beracun bagi makhluk hidup. Kini hal tersebut makin kuat dengan hasil penelitian terbaru yang menyebutkan jika paparan rendah unsur beracun arsenik dalam air minum dapat merusak fungsi paru.

Bahkan, arsenik dikaitkan dengan kanker, penyakit jantung dan kerusakan kognitif lainnya. Paparan rendah unsur beracun tersebut dapat terjadi dalam air minum yang pada akhirnya bisa merusak fungsi paru.


"Penelitian tersebut merupakan bagian dari proyek jangka panjang yang dilakukan di Bangladesh. Hampir separuh penduduk (sekitar 77 juta orang), tinggal di daerah dimana sumur air tanah mengandung arsenik dalam jumlah berbahaya," ungkap para peneliti seperti dilansir voa (23/8).


Selama lima tahun, peneliti menguji fungsi paru 950 orang yang datang ke klinik mereka dengan gejala pernapasan. Kemudian, mereka mengaitkan gejala itu dengan kadar arsenik pada pasien. Hasilnya, dilaporkan dalam American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine yang menunjukkan, keparahan dampak arsenik bergantung pada dosis.


Fungsi paru pasien yang terpapar kurang dari dua kali dosis yang dianggap aman, tidak terdeteksi mengalami gangguan terkait arsenik. Fungsi pernapasan mereka yang terpapar hingga 10 kali dosis aman, menunjukkan hanya sedikit penurunan.


Namun, fungsi paru pasien yang terpapar tingkat arsenik lebih tinggi, mengalami kerusakan signifikan  sebanding kerusakan paru mereka yang puluhan tahun merokok  sehingga meningkatkan risiko mereka terkena penyakit pernapasan serius. (esy/jpnn)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment