Ikan Pacu, Pemakan Buah Zakar di Perairan Swedia


Kaum adam di Swedia diwanti - wanti untuk tetap mengenakan celana saat berenang di perairan wilayah selatan negara itu. Pasalnya, ada ikan dari Amazon yang bergigi tajam dan siap mengincar buah zakar mereka.

Diberitakan Daily Mail pekan ini, peringatan disampaikan oleh para ahli dari Museum Sejarah Nasional Swedia mengenai keberadaan ikan pacu di perairan Oresund Sound. Ikan kerabat piranha ini biasa ditemui di hutan Amazon.

Peringatan dikeluarkan setelah pekan lalu, seorang nelayan menangkap ikan pacu sepanjang 21 centimeter. Ikan ini bisa tumbuh hingga 90 centimeter dan berat 25 kilogram. Ikan mengerikan ini sering dijuluki "si pemotong testis" lantaran kerap membunuh orang dengan menggigit buah zakarnya hingga putus.

"Tetap kenakan celanamu jika berenang di Sound beberapa hari ini - mungkin masih banyak lagi di sana," ujar peringatan para ahli.

Selain di Amazon, ikan ini biasanya ditemui di basin Orinoco di Amerika Serikat dan Papua Nugini. Di Texas, Amerika Serikat, ikan ini juga meresahkan sehingga pemerintah setempat menggelar sayembara berhadiah US$100 untuk setiap ikan pacu yang ditangkap.

Bentuknya mirip piranha, hanya saja giginya lebih besar, sekilas mirip gigi manusia. Gigi pacu lebih datar dan kuat, cocok untuk menghancurkan targetnya, yaitu testis. Ahli perikanan, Henrik Carl mengatakan biasanya ikat ini memakan kacang, buah-buahan atau ikan-ikan kecil.

"Tapi testis manusia adalah target alami. Mereka menggigit karena lapar, dan ukuran testis pas dengan mulut mereka," kata Carl.

Beberapa kasus mematikan terjadi di negara-negara Pasifik. Dua orang nelayan dilaporkan tewas kehabisan darah setelah ikan pacu ini menggigit habis testis mereka. Kasus lainnya tercatat terjadi di Papua Nugini.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment