Pengertian Promosi dan Elemen Pendukung

Pengertian Promosi dan Elemen Pendukung
Images : www.anneahira.com

Pengertian Promosi

Promosi adalah sebuah kegiatan memberikan sebuah informasi atau bujukan dari penjual kepada calon pembeli, hal ini dilakukan untuk menarik orang - orang agar dapat mengenela sebuah produk yang dipromosikan dan mewujudkan sebuah penjualan.
Pengertian Di atas dapat disimpulkan bahwa promosi merupakan :

  • Alat untuk mengimbau atau menarik, dan membujuk calon pembeli.
  • Alat untuk meneruskan informasi dalam pengambilan keputusan calon pembeli.
  • Alat bantu untuk mengidentifikasi atau memperkenalkan perusahaan.


Elemen Pendukung Agar Promosi Berjalan Dengan Baik

Promosi merupakan bentuk komunikasi perusahaan dengan masyarakat, komunikasi tersebut akan berjalan dengan baik apabila ada elemen yang mendukung, antara lain :

Pengirim

Dalam sebuah kegiatan promosi, perusahaanlah yang berperan sebagai pengirim atau komunikator

Pengkodean

Proses untuk menjabarkan  ke dalam simbol - simbol. Simbol - simbol tersebut biasanya berupa kata - kata lisan maupun tulisan, bahasa isyarat, lambang - lambang, dan gambar dalam berpromosi. Perusahaan menggunakan kata - kata dan ilustrasi gambar untuk menyatakan pesan mereka

Pesan

Sebuah simbol berupa kata - kata lisan maupun tulisan, bahasa isyarat, lambang - lambang, dan gambar ilustrasi yang di kirim oleh perusahaan kepada masyarakat atau calon pembeli.

Media

Saluran komunikasi yang mengantarkan isi pesan dari perusahaan kepada masyarakat (calon pembeli). Media terbagi dua yaitu :
  • Media Personal (Melalui orang secara langsung)
  • Media Non Personal (media massa, surat, telepon, papan pengumuman, baliho, banner, brosur, dll)

Penerjemah (Promotor)

Proses yang dilakukan untuk menerjemahkan arti simbol - simbol yang dikirim oleh perushaan. Calon pembeli/masyarakat melihat, mendengarkan iklan perusahaan, kemudian melalui kata - kata dan gambarng yang di iklan kan, promotor menjelaskan, menerjemahkan dan menjabarkan kepada calon pembeli maksud dari ilustrasi gambar dan kata - kata yang terdapat dalam iklan perusahaan.

Penerima

Penerima adalah masyarakat/calon pembeli, yang menerima pesan promosi dari pihak perusahaan dengan media Personal maupun Media Non Personal

Respons

Reaksi masyarakat setelah menerima, melihat, dan mendengar pesan promosi yang disampaikan. Kemungkinan respons banyak. Misal menjadi suka terhadap perusahaan, menjadi benci terhadap perushaan, menjadi ingin membeli produk yang di iklankan oleh perusahaan, dll.

Umpan Balik (Feedback)

Merupakan bagian respons masyarakat/calon pembeli yang di komunikasikan lagi kepada pihak perushaan. Misalnya masyarakat mengkritik iklan. ini merupakan feedback yang spontan . Ada pula feedback yang sengaja dikumpulkan, misalnya pihak perusahaan mensurvei bagaiman pendapat masyarakat (calon pembeli) terhadap produk yang di iklankan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment